Bimtek Pengelolaan E-Government di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara


Dalam rangka mengembangkan pelayan Pemerintahan yang semakin baik, maka pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah membangun aplikasi berbasis elektronik sejak tahun 2017. Kerjasama pembangunan Aplikasi E-Government ini melibatkan tim IT dari Diskominfo Tapanuli Utara dan semua OPD di lingkungan Pemerintah Kab. Tapanuli Utara dengan pemanduan dari Tim IT Institut Teknologi Del. Berbagai aplikasi yang telah dibangun sejak 2017 telah dipergunakan dalam penyusunan sistem informasi perencaan pembangunan yang disebut dengan E-Planning dan di Tapanuli Utara lebih dikenal dengan nama E-Martahi (Martahi : Menghimpun aspirasi rakyat terhadap kebutuhan hidup di Tapanuli Utara).
;;
Aplikasi E-Martahi telah dipergunakan saat pelaksaan musrenbang desa, musrenbang kecamatan, penyusunan Pokok Pikiran DPRD, Forum OPD, dan Musrenbang Kabupaten sehingga aplikasi ini telah menghasilkan produk Rencana Kerja OPD 2019. Pada saat yang bersamaan, juga dibangun aplikasi Sistem Infromasi Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (E-Perizinan) dan di Tapanuli Utara lebih dikenal dengan nama E-Marsada (Marsada : Memenuhi aturan berusaha di daerah). Dalam menyatukan Standar Satuan Harga (SSH), telah tersedia dalam satu aplikasi yang disebut dengan E-SSH sehingga semua usulan-usulan kegiatan yang ada dalam renja OPD menggunakan standar satuan harga yang sama. Dalam mendapatkan informasi keuangan yang sesuai dengan peraturan keuangan, maka telah dibangun aplikasi e-budgetting yang telah menghasilkan KUA-PPAS dan pada Desember 2018 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara  telah menerbitkan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun 2019 yang merupakan hasil integrasi antara E-Martahi, E-SSH, dan E-Budgetting. 

Untuk mempublikasikan hasil pembangunan yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, maka telah dibangun website dan juga aplikasi E-Database yang merupakan kelanjutan dari aplikasi sebelumnya, dan dibangun secara bersama-sama antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dengan Tim IT Institut Teknologi Del, Laguboti . Untuk memudahkan para pengguna website dari masing-masing OPD, telah diundang untuk mengikuti bimbingan teknis E-Government khusunya E-Portal dan E-Database  (11/07) bertempat di Balai Data, Kantor Bupati Tapanuli Utara. Saat acara pembukaan Bimtek, Wakil Bupati Tapanuli Utara , Sarlandi Hutabarat, SH didampingi Asisten Administrasi dan Umum Setdakap Drs. Satiadarma Nababan, MSi , Inspektur Kabupaten Manorasa Debata Raja , Kadis Kominfo Tapanuli Utara Ir. Polmudi Sagala , MM telah menegaskan kepada semua peserta Bimtek, baik pimpinan OPD Kabupaten maupun Camat agar kesempatan ini dipergunakan oleh pimpinan OPD dan yang ditugasi menjadi admin di masing-masing OPD untuk memberikan perhatian penuh, sehingga aplikasi ini dapat dipergunakan sebagaimana aplikasi yang telah digunakan sebelumnya. 

Visi Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung sumber daya manusia berkualitas serta daerah tujuan wisata yang dijabarkan dalam 8 misi, dimana misi ke-8 adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan sistem elektronik government.  Implementasi dari misi kedelapan adalah dengan dibangunnya portal Pemkab Tapanuli Utara yang merupakan alat untuk meningkatkan publikasi informasi kepada khalayak sekaligus mendekatkan informasi pelayanan kepada publik. Kehadiran pemerintah dirasakan langsung oleh masyarakat dengan pelayanan yang mudah, efisien dan efektif. Disisi lain, dalam menerapkan Permendagri No. 98 tentang Pemerintahan Berbasis Elektronik, maka aplikasi E-Database juga telah dipersiapkan dan akan dipergunakan sebagai sumber data dalam membuat perencanaan yang lebih baik. Selanjutnya dalam arahannya, Wakil Bupati Tapanuli Utara menegaskan bahwa:
"Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin cepat membuat interaksi antar manusia tidak lagi dibatasi ruang dan waktu sehingga mendorong terselenggaranya penyedia informasi yang partisipatif, transparan, dan akuntabel sehingga semua badan publik dapat mengakomodir dan memenuhi kebutuhan informasi yang terintegrasi dalam satu data ". 

Ketersediaan website Pemerintah merupakan salah satu upaya dalam pemenuhan amanat Undang-undang No.18 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, dengan demikian, website ini akan dipergunakan oleh masyarakat untuk dapat mengakses informasi dengan mudah ditengah kemajuan zaman yang semakin cepat. Dalam paparan awal , telah dijelaskan perkembangan aplikasi yang telah dipergunakan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. Dan saat ini yang sedang dibangun adalah Aplikasi Penatausahaan Keuangan dan Aplikasi Kinerja. Kedepan akan dilanjutkan dengan pembangunan E-Monev, e-Project , E-Procurement sebagaimana laporan penyelengaraan yang disampaikan oleh bidang Teknik Informatika Kabupaten Tapanuli Utara. Dalam acara bimtek ini, yang menjadi narasumber adalah Tim IT Institut Teknologi Del (Anthon Tambunan, Marojahan Sigiro, Lit Malem Ginting, bersama tim pendukung).